Komunikasi Massa



Komunikasi massa

Kata komunikasi atau communication dalam bahasa inggris berasal dari kata dari kata latin communis yang berarti ‘’sama’’, communico, communication ,atau commicare yang berarti ‘’membuat sama ‘’(to make common). Istilah communis paling sering disebut sebagai cikal bakal kata komunikasi.
Sedangkan definisi komunikasi sendiri sampai saat ini masih terdapat banyak perdebatan dikalangan para ahli komunikasi, karena terdapat banyak sekali perbedaan mereka dalam memberikan definisi komunikasi itu sendiri. Mulai dari yang sempit, misalnya “komunikasi adalah penyampaian pesan melalui media elektronik” atau bahkan yang terlalu luas, misalnya “komunikasi adalah interaksi antara dua makhluk hidup atau lebih” sehingga para peserta komunikasi ini mungkin termasuk hewan ataupun tanaman.
 Apa itu komunikasi massa? definisi tentang komunikasi massa yang dikemukakan oleh para ahli komunikasi. Namun, pada dasarnya komunikasi massa adalah komunikasi melalui media massa (media cetak dan elektronik).

Ciri-ciri komunikasi massa
        a.     Komunikator dalam komunikasi massa melembaga
        b.     Komunikator memiliki keahlian tertentu
        c.      Pesan searah dan umum, serta melalui proses produksi dan terencana
       d.      Khalayak yang dituju heterogen dan anonym
       e.      Kegiatan media masa teratur dan berkesinambungan
       f.    Hubungan antara komunikator (biasanya media massa) dan komunikan                  (pemirsanya) tidak bersifat pribadi.

     Fungsi dan Peran Komunikasi Massa
     1.     Fungsi informasi
Maksud dari fungsi ini adalah dimana sebuah media massa memberikan informasi ataupun berita kepada pembaca / pemirsa / khalayak. Khalayak pada masa sekarang yang sangat haus akan informasi, sehingga membuat media massa haruslah selalu mencari informasi-informasi terbaru dan yang menarik. Ini terbukti dari khalayak yang berusaha selalu memperbaharui pengetahuannya akan informasi dengan cara berlangganan surat kabar, menonton TV, mendengarkan radio dan juga berselancar didunia maya (searching).

2.    Fungsi pendidikan
Salah satu fungsi dari media massa adalah memberikan pendidikan terhadap para pemirsanya, tidak hanya memberikan sebuah informasi. Namun media massa juga memberikan sajian yang bersifat mendidik dengan cara menampilkan acara ataupun tulisan bersifat mendidik. Seperti acara talkshow, debat, artikel dan lain-lain.

3.    Fungsi hiburan
Beberapa stasiun televisi merupakan media massa yang mengutamakan sajian hiburan, begitu pun siaran radio. Demikian pula halnya dengan majalah. Dapat dilihat jika banyak orang yang menghabiska banyak waktunya didepan TV untuk menyaksikan acara yang dapat menghibur mereka. Dan memang hiburan inilah yang biasanya hal yang paling dicari oleh khalayak masyarakat, seperti acara komedi di TV ataupun acara yang lainnya yang sekiranya dapat menghibur mereka.

4.   Fungsi mempengaruhi
Khalayak dapat terpengaruh oleh iklan-iklan yang di tayangkan televisi ataupun surat kabar, contohnya adalah dalam keluarga petani yang hidup di desa mempunyai kebiasaan mencuci rambut dengan menggunakan air rendaman sapu merang yang telah dibakar terlebih dahulu. Apa yang terjadi setelah keluarga petani tersebut memiliki pesawat televisi dan menonton tayangan iklan sampo yang dibintangi artis favoritnya? Kebiasaan yang sudah berlangsung sejak lama, sekarang mengalami perubahan. Dari mencuci rambut dengan memakai air rendaman sapu merang yang di bakar diganti dengan sampo yang ada dalam iklan di televisi.

5.    Fungsi meyakinkan
Fungsi yang tidak kalah penting dari media massa yaitu fungsi meyakinkan atau persuasi. Menurut Devito (1996), persuasi bisa datang dalam bentuk :
ü Mengukuhkan atau memperkuat sikap, kepercayaan atau nilai seseorang
ü Mengubah sikap, kepercayaan atau nilai seseorang
ü Menggerakkan seseorang untuk melakukan sesuatu
ü Memperkenalkan etika atau menawarkan sistem nilai tertentu

1.     Fungsi informasi
Maksud dari fungsi ini adalah dimana sebuah media massa memberikan informasi ataupun berita kepada pembaca / pemirsa / khalayak. Khalayak pada masa sekarang yang sangat haus akan informasi, sehingga membuat media massa haruslah selalu mencari informasi-informasi terbaru dan yang menarik. Ini terbukti dari khalayak yang berusaha selalu memperbaharui pengetahuannya akan informasi dengan cara berlangganan surat kabar, menonton TV, mendengarkan radio dan juga berselancar didunia maya (searching).

2.    Fungsi pendidikan
Salah satu fungsi dari media massa adalah memberikan pendidikan terhadap para pemirsanya, tidak hanya memberikan sebuah informasi. Namun media massa juga memberikan sajian yang bersifat mendidik dengan cara menampilkan acara ataupun tulisan bersifat mendidik. Seperti acara talkshow, debat, artikel dan lain-lain.

3.    Fungsi hiburan
Beberapa stasiun televisi merupakan media massa yang mengutamakan sajian hiburan, begitu pun siaran radio. Demikian pula halnya dengan majalah. Dapat dilihat jika banyak orang yang menghabiska banyak waktunya didepan TV untuk menyaksikan acara yang dapat menghibur mereka. Dan memang hiburan inilah yang biasanya hal yang paling dicari oleh khalayak masyarakat, seperti acara komedi di TV ataupun acara yang lainnya yang sekiranya dapat menghibur mereka.

4.   Fungsi mempengaruhi
Khalayak dapat terpengaruh oleh iklan-iklan yang di tayangkan televisi ataupun surat kabar, contohnya adalah dalam keluarga petani yang hidup di desa mempunyai kebiasaan mencuci rambut dengan menggunakan air rendaman sapu merang yang telah dibakar terlebih dahulu. Apa yang terjadi setelah keluarga petani tersebut memiliki pesawat televisi dan menonton tayangan iklan sampo yang dibintangi artis favoritnya? Kebiasaan yang sudah berlangsung sejak lama, sekarang mengalami perubahan. Dari mencuci rambut dengan memakai air rendaman sapu merang yang di bakar diganti dengan sampo yang ada dalam iklan di televisi.

5.    Fungsi meyakinkan
Fungsi yang tidak kalah penting dari media massa yaitu fungsi meyakinkan atau persuasi. Menurut Devito (1996), persuasi bisa datang dalam bentuk :
ü Mengukuhkan atau memperkuat sikap, kepercayaan atau nilai seseorang
ü Mengubah sikap, kepercayaan atau nilai seseorang
ü Menggerakkan seseorang untuk melakukan sesuatu
ü Memperkenalkan etika atau menawarkan sistem nilai tertentu
 1.     Fungsi informasi
Maksud dari fungsi ini adalah dimana sebuah media massa memberikan informasi ataupun berita kepada pembaca / pemirsa / khalayak. Khalayak pada masa sekarang yang sangat haus akan informasi, sehingga membuat media massa haruslah selalu mencari informasi-informasi terbaru dan yang menarik. Ini terbukti dari khalayak yang berusaha selalu memperbaharui pengetahuannya akan informasi dengan cara berlangganan surat kabar, menonton TV, mendengarkan radio dan juga berselancar didunia maya (searching).

2.    Fungsi pendidikan
Salah satu fungsi dari media massa adalah memberikan pendidikan terhadap para pemirsanya, tidak hanya memberikan sebuah informasi. Namun media massa juga memberikan sajian yang bersifat mendidik dengan cara menampilkan acara ataupun tulisan bersifat mendidik. Seperti acara talkshow, debat, artikel dan lain-lain.

3.    Fungsi hiburan
Beberapa stasiun televisi merupakan media massa yang mengutamakan sajian hiburan, begitu pun siaran radio. Demikian pula halnya dengan majalah. Dapat dilihat jika banyak orang yang menghabiska banyak waktunya didepan TV untuk menyaksikan acara yang dapat menghibur mereka. Dan memang hiburan inilah yang biasanya hal yang paling dicari oleh khalayak masyarakat, seperti acara komedi di TV ataupun acara yang lainnya yang sekiranya dapat menghibur mereka.

4.   Fungsi mempengaruhi
Khalayak dapat terpengaruh oleh iklan-iklan yang di tayangkan televisi ataupun surat kabar, contohnya adalah dalam keluarga petani yang hidup di desa mempunyai kebiasaan mencuci rambut dengan menggunakan air rendaman sapu merang yang telah dibakar terlebih dahulu. Apa yang terjadi setelah keluarga petani tersebut memiliki pesawat televisi dan menonton tayangan iklan sampo yang dibintangi artis favoritnya? Kebiasaan yang sudah berlangsung sejak lama, sekarang mengalami perubahan. Dari mencuci rambut dengan memakai air rendaman sapu merang yang di bakar diganti dengan sampo yang ada dalam iklan di televisi.

5.    Fungsi meyakinkan
Fungsi yang tidak kalah penting dari media massa yaitu fungsi meyakinkan atau persuasi. Menurut Devito (1996), persuasi bisa datang dalam bentuk :
ü Mengukuhkan atau memperkuat sikap, kepercayaan atau nilai seseorang
ü Mengubah sikap, kepercayaan atau nilai seseorang
ü Menggerakkan seseorang untuk melakukan sesuatu
ü Memperkenalkan etika atau menawarkan sistem nilai tertentu

Kasus komunikasi massa

Pada surat kabar
Kasus yang marak sekali diperbincangkan oleh media massa, baik media elektronik maupun cetak adalah kasus yang menyeret orang yang dikenal dengan nama Eyang Subur dan Adi Bing Slamet. Sebenarnya apakah yang menyebabkan media selalu menjadikan kasus tersebut sebagai pokok bahasan utama mereka? Sebab apakah yang membuat berita itu sangat laris manis dipasaran.
Sebab diatas telah dijabarkan fungsi-fungsi media massa, dan jika ditelaah lebih lanjut maka sebenarnya pemberitaan kasus Eyang Subur ini masuk dalam fungsi yang mana? Jika dikatakan itu mendidik tentu saja jawabannya tidak, karena apa yang dilakukan oleh orang bernama Eyang ini adalah perbuatan-perbuatan yang cenderung kedalam hal-hal kurang terpuji, seperti aliran sesat, perdukunan dan santet. Kemudian apakah ini masuk kedalam fungsi-fungsi yang lainnya? Penulis kira tidak. Memang sebenarnya apa yang diberitakan tersebut masuk kedalam kategori fungsi informasi, akan tetapi dalam realitanya sesungguhnya jika hanya ingin menginformasikan maka cukuplah memberitakannya beberapa kali saja, tidak harus dengan berkali-kali bahkan hingga berminggu-minggu berita tersebut masih setia diperbincangkan. Dan jika dirunut lebih mendalam lagi kasus yang digugatkan adi kepada eyang subur ini tergolong hal yang tak terlalu istimewa. Pasalnya hal tersebut hanya berupa suatu yang bersifat kepercayaan dan gaib.
Tidak bisa dipungkiri memang “tidak ada asap jika tidak ada api”, pepatah tersebut benar. Maksudnya adalah media tidak akan menyiarkan kasus tersebut jika publik / khalayak tidak menginginkannya. Media TV berani terus menerus menayangkan berita itu, karena banyak peminatnya. Tidak mungkin TV mau menyiarkan sesuatu yang tidak akan banyak ditonton oleh masyarakat luas. Ini karena media massa bersifat komersial. Kita juga tahu apabila media massa merupakan cerminan masyarakat. Jadi apa yang disukai oleh masyarakat, apa yang diminati masyarakat pada saat itu, maka media akan memberitakannya.
Media massa dalam fungsinya juga sebagai salah satu pendorong masyarakat dalam membuat suatu persepsi. Karena masayarakat cenderung lebih mudah percaya ataupun memahami apa yang disampaikan oleh media dari pada mereka harus berpikir sendiri dan memahami suatu kasus. Nah, inilah yang cukup mengkhawatirkan, mengapa? Karena sebenarnya dengan adanya pemberitaan tersebut, bukan hanya nama sang Eyang Subur saja yang tercoreng. Melainkan agama Islam pun akan terkena imbasnya, hal ini disebabkan oleh jika orang yang menyaksikan berita tersebut tidak mengetahui islam yang sedetailnya, kemudian media memberitakan eyang subur sedemikian rupa, maka mereka ini akan mempersepsikan, oh ternyata agama islam itu seperti ini ya.

   Efek komunikasi massa   
                 
  Ø Efek kehadiran media; memiliki perasaan positif pada media televisi dibandingkan media lainnya. Karenanya televisi lebih mendapat kepercayaan sebagai sumber informasi dan hiburan.

 Ø Efek kehadiran televisi adalah penjadwalan ulang berbagai kegiatan. Kegiatan mereka, termasuk kuliah, ikut terpengaruh oleh jadwal acara televisi yang mereka tonton.

 Ø Efek Kognitif media; media merupakan sumber informasi yang membantu mahasiswa untuk memperoleh pengetahuan mengenai berbagai aspek kehidupan. Efek kognitif yang positif memberikan wawasan yang luas kepada para mahasiswa dan membantunya memahami berbagai persoalan.

 Ø Efek negatifnya adalah memberikan pandangan yang keliru atau parsial mengenai dunia, juga menanamkan ideologi tertentu yang akan mempengaruhi sikap dan perilakunya kemudian. Namun efek kognitif yang positif masih kurang di kalangan mahasiswa.   
                     
 Ø Efek kognitif inilah yang mendasari perubahan sikap dan perilaku seseorang dan memoengaruhi prioritasnya dalam hidup.

 Ø Efek afektif media selain memberikan informasi, media memberikan efek emosional pada diri khalayaknya. Efek afektif media diantaranya mampu mempengaruhi khalayak mahasiswa untuk lebih peduli pada masalah sosial yang terjadi di masyarakat. 

     Ø Efek behavioral media; media juga dapat mempengaruhi perilaku khalayaknya. Sebagian besar, jika tidak semua, mahasiswa mengikuti teladan yang diberikan media. Perilaku dan gaya hidup yang ditampilkan televisi banyak ditiru di kehidupan nyata.
    
      Sumber :

http://1believe1can.blogspot.com/2012/03/efek-efek-komunikasi-massa.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Informasi dalam Praktik

Tugas 3 Ilmu Sosial Dasar