Informasi dalam Praktik
Bab
8
Informasi
dalam praktik
Informasi sebagai salah satu
faktor penting penentu keberhasilan
Pada tahu 1961, D.Ronald Daniel
dan McKinsey & company salah satu perusahaan konsultan terbesar di Amerika
.Ia mengungkapkan bahwa terdapat beberapa aktiitas penting menentukan
keberhasilan atau kegagalan bagi semua jenis organisasi.
Sistem
Pemrosesan transaksi
sistem pemrosesan transaksi
digunakan untuk menjelaskan sistem informasi yang mengumpulkan data yang
menguraikan aktiitas perusahaan , mengubah data menjadi informasi dan
menyediakan informasi tersebut bagi para penggua yang terdapat di dalam maupun
di luar perusahaan.
salah satu contoh yang baik dari sistem
pemrosesan transaksi adalah sistem yang digunakan oleh perusahaan – perusahaan
, distribusi perusahaan yang mendistribusikan produk atau jasa kepada
pelanggannya.
Tujuan
sistem
DFD mendokumentasikan suatu
sistem dengan cara yang hierarkis, dan diagram
Model sistem pemrosesan transaksi
Tinjauan
Sistem
sistem distribusi yang berada di
tengah. Unsur – unsur lingkungan yang berinteraksi dengan sistem di tunjukan
oleh kotak – kotak dan di hubungkan dengan sistem oleh panah – panah yang di
sebut arus data. Pemesanan yang diterima
oleh perusahaan dari data pelanggannya di sebut pesanan penjualan (sales
order). Pesanan yang ditempatkan oleh perusahaan kepada pemasoknya di sebut
pesanan pembelian (purchase order).
Subsistem –
Subsistem utama dari sistem distribusi
Diagram konteks cukup memadai
utuk mendefinisikan batasan sistem unsur – unsur lingkungan dan antarmukanya.
Sistem yang
memenuhi pesanan pelanggan
Ada 4 sistem utama :
1. Sistem entri
pesanan : memasukan pesanan ke pelanggan ke dalam sistem
2. Sistem
persediaan : memelihara catatan persediaan
3. Sistem penagihan
: membuat faktur pelanggan
4. Sistem
piutang dagang : menagih uang dari para pelanggan
Sistem yang memesan persediaan
pengganti
caranaya adalah
mengidentifikasikan subsistem – subsistem yang berkaitan dengan pemesanan
persediaan pengganti dari pemasok.
Sistem
informasi organisasi
a. Sistem
informasi pemasaran
b. sistem
informasi sumber daya manusia
c . Sistem
informasi manufaktur terinci
d. Sistem
informasi keuangan
e. Sistem
informasi eksekutif
Sistem CRM adalah data warehouse
(gudang data). CRM adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan data
warehouse.
Karakteristik
warehouse
ü Kapasitas
penyimpanan besar
ü Data dapat
diambil dengan mudah
ü Data
sepenuhnya digunakan untuk pengambilan keputusan, dan tidak digunakan dalam
operasi perusahaan sehari – hari.
Data mart adalah
Suatu basis data yang berisi data yang hanya menguraikan satu segmen dari
operasi perusahaan.
Penyampaian
informasi
Informasi
dapat diberikan dalam bentuk terinci atau dalam berbagai tingkat ringkasan. Olap ( on – line analytical processing ) adalah
peranti lunak yang digunakan utuk menarik data dari tempat penyimpanan data dan
mengubahnya menjadi informasi. Olap mempunyai 2 pendekatan :
a.
Rolap
(relational on – line analytical processing)
adalah
suatu sistem manajeman basis data relasional standar.
b.
Molap
(multidimensional on – line analytical processing)
adalah suatu
sistem menajeman basis data khusus multidimensional.
Data minning
: Proses menemukan hubungan dalam
data yang tidak diketahui oleh pengguna.
Raymond McLeod, Jr. & George P.
Schell
Komentar
Posting Komentar